Khasiat Asam Jawa Dicampur Gula Merah Sebagai Obat Penyakit Dalam

Tanaman asam sudah dikenal semenjak usang sebagai flora yang buahnya banyak dipakai untuk materi masakan, obat, dan juga sebagai materi pembuat minuman. Mengkonsumsi asam, khususnya asam jawa mempunyai kegunaan untuk menyegarkan tubuh. Selain itu, buah asam yang bentuknya ibarat polong, banyak dipakai untuk bumbu dapur. Dalam setiap 100gr buah asam, mengandung protein, kalori, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin, dan juga albuminoid. Lalu, apa saja khasiat asam jawa dicampur gula merah? Berikut informasinya untuk Anda.
Manfaat Asam Jawa Untuk Pengobatan Beberapa Penyakit
Pada dasarnya asam jawa bisa menjadi salah satu obat tradisional dengan banyak manfaat. Mungkin Anda mengkonsumsi ramuan asam jawa dengan rasa yang terlalu masam sehingga perlu menambahkan pemanis. Anda bisa menambahkan gula merah, bukan gula pasir, untuk sekedar memberi rasa bagus saja. Nah, berikut yaitu beberapa khasiat asam jawa dicampur gula merah:
Obat asma
Asam jawa mengandung senyawa yang bisa mengobati atau setidaknya meringankan penyakit asma. Cara penggunaannya yaitu dengan merebus asam jawa dicampur dengan adas pulawaras dan 1 liter air, rebus sampai mendidih, kemudian air rebusannya disaring dan diminum 2 kali sehari. Waktu meminum larutan asam jawa ini sebaiknya dilakukan pada dikala menjelang tidur, dan dikala sebelum sarapan pagi pada dikala perut masih kosong untuk mendapat manfaat air asam jawa dan gula merah secara maksimal.
Menghilangkan alergi
Beberapa dari Anda niscaya mempunyai alergi disebabkan salah makan makanan tertentu dan berdampak pada kulit, entah kulit menjadi merah, gatal, dan sebagainya. Ramuan asam jawa bisa dipakai sebagai obat alergi. Caranya yaitu dengan merebus 2 polong asam jawa yang sudah tua, tambahkan sedikit garam dan seperempat sendok kapur sirih. Rebus dalam air sebanyak kira-kira 3 gelas air sampai airnya menyusut menjadi kira-kira 2 gelas. Setelah itu disaring dan diminum. Anda bisa menambahkan gula merah untuk menambah rasa manis. Khasiat asam jawa dicampur gula merah berguna untuk mengobati alergi.
Obat batuk kering
Batuk yaitu penyakit yang banyak diderita baik belum dewasa maupun orang dewasa. Mengobati batuk dengan ramuan asam jawa yaitu salah satu kearifan lokal Indonesia. Caranya yaitu dengan merebus 3 polong asam jawa dengan air kira-kira 4 gelas. Tunggu sampai mendidih dan tinggal 1 gelas. Setelah itu tambahkan gula merah untuk menambah rasa bagus sekedarnya. Kemudian saring semua rebusan air asam tersebut dan diminum 2 kali sehari.
Khasiat asam jawa dicampur gula merah bersama-sama masih banyak. Ada banyak variasi ramuan yang semakin usang semakin bermanfaat untuk mengobati banyak penyakit. Bagi Anda yang belum pernah mencoba pengobatan dengan asam jawa dicampur gula merah, Anda bisa mencoba untuk penyakit ringan mirip sakit perut atau pusing terlebih dahulu. Cukup menarik dan sederhana bukan?
LihatTutupKomentar