Tips Cara Mengolah Kentang Untuk Diet Sehat

Kentang yakni nama terkenal untuk tanaman yang berasal dari suku Solanaceae. Tanaman ini sebetulnya yakni umbi batang dimana batang menyimpan cadangan masakan dan sanggup dikonsumsi manusia. Kandungan gizi kentang diantaranya karbohidrat, protein, vitamin C, dan polifenol. Akibat kandungan protein dan karbohidratnya, tanaman kentang banyak dikonsumsi sebagai sumber makanan, salah satunya untuk diet. Cara mengolah kentang untuk diet menjadi salah satu andalan resep disamping konsumsi roti atau nasi.

Kentang yakni nama terkenal untuk tanaman yang berasal dari suku Solanaceae Tips Cara Mengolah Kentang Untuk Diet Sehat
Baca juga : Keong Mas

Cara Mengolah Kentang Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Di beberapa negara barat, konsumsi kentang sangat populer. Namun di Indonesia hal ini kurang umum, mengingat orang Indonesia lebih suka makan nasi. Mengkonsumsi kentang hanya untuk beberapa alasan menyerupai diet atau terapi pengobatan lainya. Tentu saja tujuan utamanya yakni sebagai pengganti nasi. Adapun cara mengolah kentang untuk diet sanggup dilakukan dengan cara merebus. Cara ini dianggap paling sederhana dan gampang dilakukan. Terlebih cara ini cukup kondusif bagi kesehatan tubuh, mengingat cara pengolahan tidak memakai minyak.

Untuk menambah rasa, Anda sanggup mengkonsumsinya dengan telur setengah matang atau chips ikan yang sudah dibumbui. Ingat, untuk tujuan diet, perhatikan jumlah garam yang Anda gunakan. Hal ini sebab garam kuat pada metabolisme tubuh Anda dan mungkin malah menciptakan Anda gemuk. Untuk itu, minimalkan penggunaan garam dapur dalam merebus kentang untuk diet.

Selain direbus, kentang juga sanggup diolah dengan cara dikukus. Beberapa orang melaksanakan cara mengolah kentang untuk diet dengan dikukus dibandingkan merebus. Mereka beranggapan kalau merebus kentang akan melarutkan vitamin yang terkandung di dalamnya. Adapun mengukus kentang sanggup dilakukan dengan cara sederhana. Yakni, Anda sanggup memakai sedikit air, dan meletakkan kentang diatas kukusan. Setelah matang, teksturnya tidak terlalu keras, Anda sanggup memakannya, baik eksklusif ataupun bersama kacang polong dan sedikit garam.

Sebenarnya, pengertian diet sendiri bukan hanya ditujukan untuk menurunkan berat badan. Orang kurus dengan berat tubuh yang kurang juga perlu diet untuk menambah berat. Adapun salah satu cara mengolah kentang untuk diet penambahan berat tubuh yakni dengan memasak kentang goreng dan memakan bersama hidangan telur mata sapi, sosis, dan roti toas. Masakan ini memang bentuknya agak kebarat-baratan, tapi itulah komposisi pas hidangan diet dengan kentang.

Jika tadi kentang goreng masih disajikan dengan masakan sehat, untuk orang kurus yang ingin menambah berat badan, Anda sanggup mengkonsumsi kentang goreng dengan masakan berlemak lain menyerupai burger, hotdog, kebab dan sebagainya. Yang perlu diperhatikan, konsumsi masakan menyerupai ini jangan terlalu sering sebab mengandung kolesterol.

Ya, itulah beberapa hidangan olahan yang sanggup Anda buat sendiri di rumah. Cara mengolah kentang untuk diet tidak harus dalam bentuk masakan sehat dan tanpa rasa. Membuat kentang goreng berminyak dengan masakan berlemak lainya juga sanggup Anda lakukan. Tentu saja jangan terlalu sering, sebab asupan kolesterol dan lemak hiperbola malah akan menciptakan Anda menderita banyak penyakit.
LihatTutupKomentar