Kelebihan Dan Prinsip Kerja Tenaga Surya Sederhana

Tidak ada yang mengira dunia masih mengalami krisis materi bakar fosil. Krisis ini sanggup berdampak fatal terhadap kebutuhan insan termasuk kebutuhan listrik. Sampai ketika ini masih banyak negara yang memakai materi bakar fosil untuk membangkitkan tenaga listrik termasuk Indonesia. Padahal kini ini ada banyak energi alternatif dan sanggup dipakai untuk membangkitkan listrik, salah satunya yaitu tenaga surya. Prinsip kerja pembangkit listrik tenaga surya tidak jauh berbeda dengan pembangkit listrik pada umumnya. Hanya saja materi bakar yang dipakai yakni tenaga matahari.

Tidak ada yang mengira dunia masih mengalami krisis materi bakar fosil Kelebihan dan Prinsip Kerja  Tenaga Surya Sederhana
Cara kerja panel surya PLTS
Baca Juga : Listrik Tenaga Surya

Pembangkit listrik tenaga surya ini merupakan salah satu pembangkit listrik terbarukan yang memanfaatkan sinar matahari untuk dijadikan sebagai alat pembangkit tenaga listrik. Sebenarnya pemanfaatan tenaga surya untuk membangkitkan listrik ini sudah dimanfaatkan semenjak dulu, hanya saja masih dalam jumlah yang kecil. Jika Anda menyadari bahwa beberapa kalkulator yang ada ketika ini memakai tenaga matahari. Hal ini tentunya menjadi salah satu teladan pemanfaatan tenaga surya dalam kehidupan yang sederhana.

Cara Kerja Tenaga Surya

Cara kerja pembangkit listrik surya sederhana secara umum tidak jauh berbeda dengan pembangkit listrik dengan materi bakar dari fosil. Pembangkit listrik tenaga surya ini memakai panel surya yang dibentuk dari kumpulan sel foltovotaik yang sanggup menangkap sinar matahari. Sel-sel ini yakni komponen utama dalam panel surya. Tugas dari sel ini yakni menangkap sinar matahari kemudian disimpan menjadi panas kemudian disalurkan menjadi materi bakar untuk membangkitkan generator listrik. 

Sel surya sanggup didesain untuk menyimpan panas, sehingga pada ketika cuaca mendung listrik tetap sanggup menyala. Prinsip kerja pembangkit listrik tenaga surya ini sangat sederhana dan praktis. Untuk memakai tenaga surya ini, Anda hanya perlu memasang panel surya pada tempat terbuka dengan intensitas sinar matahari yang tinggi. Kemudian panel surya ini akan menyalurkan energi panas pada generator yang akan membangkitkan listrik. Panel surya dalam jumlah yang banyak sangat efektif untuk memenuhi kebutuhan listrik dalam skala yang besar.

Kelebihan Tenaga Surya

Pembangkit listrik tenaga surya ini memang sangat efektif untuk dijadikan sebagai pengganti pembangkit listrik biasa. Hal ini dikarenakan pembangkit listrik ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan pembangkit listrik biasa. Berikut ini kelebihan dan kekurangan pembangkit listrik tenaga surya:
  • Tidak menyebabkan polusi menyerupai materi bakar fosil.
  • Tidak akan pernah habis alasannya yakni tenaga matahari merupakan sumber tenaga yang terbarukan dan ada setiap saat.
  • Tidak membutuhkan perawatan yang banyak, hal ini dikarenakan panel surya sanggup dipakai selamanya.
Prinsip kerja pembangkit listrik tenaga surya ini memang sangat sederhana dan cocok untuk dipakai didaerah beriklim tropis menyerupai Indonesia. Daerah iklim tropis menyerupai Indonesia ini menerima sinar matahari lebih banyak dibandingkan kawasan lainnya. Hal ini tentunya menciptakan pembangkit listrik tenaga surya menjadi salah satu sumber tenaga listrik alternatif yang sangat cocok untuk Indonesia.
LihatTutupKomentar